SBY TANTANG SEMUA LEMBAGA UNTUK KEMBANGKAN TEKNOLOGI NUKLIR

SBY TANTANG SEMUA LEMBAGA

UNTUK KEMBANGKAN TEKNOLOGI NUKLIR


SubangInfo, Pusakanegara - Presiden SBY tantang lembaga-lembaga pendidikan, lembaga penelitian swasta mapun pemerintah untuk mengembangkan teknologi nuklir untuk kepentingan pertanian dan para petani. Pemerintah akan selalu memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang membantu dalam meningkatkan produksi beras. Hal tersebut dikemukakan oleh SBY dalam pidato sambutan pada acara Penen Raya di Desa Rancadaka Pusakanegara Kabupaten Subang, 4 Juni 2007.

Menurut SBY, dengan meningkatkan produksi beras dengan sendirinya akan meningkatkan kesejahteraan kita terutama kesejahteraan para petani. Panen raya kali ini memanen padi jenis Mira-1 yang merupakan pengembangan teknologi nuklir BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional). Varietas Mira-1 bisa menghasilkan sekira 9,20 ton per hektar dengan produksi rata-rata 6,29 ton per hektar gabah kering giling. Keunggulan jenis ini tahan terhadap wereng, bentuk lebih panjang, dan hasil nasinya lebih pulen. Pada kesempatan itu presiden juga mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada HKTI yang telah memberikan peranan besar dalam memperjuangkan kepentingan petani Indonesia. Batan juga ikut berpartisipasi dalam mngembangkan kemajuan pertanian melalui teknologi nuklir. Presiden tidak mengharapkan tingginya harga beras sampai tidak terjangkau olah umumnya warga masyarakat, sebaliknya tidak mengharapkan harga beras jatuh sehingga membuat petani menjadi sengsara.
Untuk mengendalikan harga beras tersebut pemerintah telah membuat Inpres No. 3 tahun 2007 tentan perberasan menetapkan harga pembelian pemerintah. Hal ini untuk menjaga keadilan harga dibandingkan bila diserahkan kepada mekanisme pasar yang dinilai menimbulkan efek kurang baik. Presiden juga akan mengalokasikan dana selain dana untuk pendidikan juga akan mengalokasikan dana untuk pembangunan infrastruktur pertanian berupa irigasi yang dikelola oleh PU.
Pada kesempatan itu juga Presiden menyerahkan bantuan sebesar 1 Milyar rupiah dalam bentuk bantuan bibit dab peralatan pertanian kepada kelompok tani di Kabupaten Subang dan HKTI.


--
Teddy Widara
Hp: 08179260849

No comments: